Hadir dengan berbagai macam rasa, Cream Crackers UBM bisa menjadi teman bersantai Anda. Menonton televisi, film di Netflix, hingga nonton bola, jadi lebih seru dengan kerenyahan crackers.

Berbahan dasar terigu, produk satu ini memang sering menjadi pilihan teman bersantai. Namun, tahukah Anda jika ada produk lain dengan bahan dasar terigu? Salah satunya adalah biskuit.

Meskipun sama-sama berbahan dasar tepung terigu, tetap ada perbedaan biskuit dan crackers yang cukup mendasar. Kami, akan membahasnya di sini.

Perbedaan Biskuit dan Crackers

Kami akan membedakannya mulai dari metode pembuatan hingga pengalaman ketika mengkonsumsinya. Ini perbedaan mendasarnya:

1. Bahan Utama

Biskuit crackers mempunyai perbedaan utamanya dari bahan utama. Adonannya memang berbeda.

Biskuit membutuhkan campuran basah seperti telur, air, minyak, plus terigu. Keduanya sama, tapi perbedaanya dari penambahan ragi dan air.

Kebutuhan crackers akan air sangat sedikit, gulanya juga demikian. Beda dengan biskuit yang butuh air dan ragi lebih banyak.

Hal ini yang sebenarnya mempengaruhi tekstur sekaligus kerenyahan dari keduanya.

2. Segi Pembuatan

Kemudian, dari segi pembuatan. Menurut Mannopo dalam Jurnal Universitas Atma Jaya, perbedaan utamanya memang dari segi pembuatan.

Pembuatan crackers, harus lebih dulu melalui tahap fermentasi. Sedangkan, biskuit menjadi produk tepung terigu tanpa perlu proses fermentasi.

Proses ini dilakukan sebelum proses pencetakan. Biskuit, membutuhkan tambahan telur saat proses mencetaknya, tapi crackers tidak butuh telur karena harus fermentasi dulu.

3. Permukaan Crackers dan Biskuit

Macam-macam crackers dan biskuit yang tersebar di pasaran, dapat Anda amati perbedaannya terutama dari segi permukaan.

Jika memperhatikannya dengan seksama, kedua permukaan makanan ringan ini sangat berbeda.

Crackers punya ciri permukaan yang lebih kasar dan tidak rata. Beberapa sisi dari crackers pun mengembang.

Beda dengan biskuit yang permukaannya cenderung lebih halus dan rata. Anda bisa membandingkannya sendiri dengan membeli dua jenis makanan pendamping kala santai ini.

4. Tingkat Kerenyahan

Selanjutnya, Anda bisa menyimak perbedaan dari keduanya jika mencoba langsung. Lebih renyah mana antara biskuit dan crackers?

Sudah tentu jawabannya lebih renyah crackers. Kerenyahan ini memang beralasan. Utamanya karena komposisi dari bahan-bahan yang digunakan.

Komposisi bahan yang ada pada crackers, memiliki kandungan air yang lebih rendah jika membandingkannya dengan biskuit.

Sedangkan untuk biskuit, kandungan airnya lebih tinggi. Tapi, inilah yang sebenarnya membuat biskuit lebih lembut dan halus jika mengunyahnya secara langsung.

Namun, apa pun perbedaan biskuit dan crackers tidak lantas menjadikan keduanya kurang nikmat untuk Anda konsumsi.

Keduanya masih menjadi kudapan favorit untuk menemani nonton film dan menghabiskan waktu. Jika ingin pengalaman lebih baik, cobalah Cream Crackers UBM yang renyah plus punya berbagai cita rasa unik nan lezat.

 

 

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *